di Vechta: Penumpang Becakku

Sonntag, Februar 27, 2005

Penumpang Becakku

Becak...?! Untuk apa?
Ya, kita punya sebuah becak yang disambungkan ke sepeda, di sini disebut Kinderfahrradanhänger. Fungsi sebenarnya dari becak itu adalah untuk mengangkut anak-anak. Bisa untuk mengangkut 2 orang anak (ada sabuk pengamannya pula), dengan batas beban maksimum 35 kg. Lebih aman dan nyaman jika dibandingkan memboncengkan langsung di belakang sepeda dengan menggunakan Fahrradkindersitz. Aman karena lebih stabil. Jika kita terjatuh, terutama jika jalanan licin karena salju, penumpang becak akan tetap duduk manis di dalamnya. Nyaman karena jika hujan tidak basah, jika angin kencang tutup becak bisa ditutup rapat dan jika panas tutup depan bisa dibuka (dibuka setengah atau dibuka penuh). Dan jika si penumpang tertidur dia akan tetap dalam posisi yang aman juga nyaman. Kadang suka ngeri membayangkan seandainya sedang memboncengkan anak di boncengan sepeda, lalu tiba-tiba terpeleset dan jatuh... Kita sebagai pengendara mungkin masih bisa loncat tapi yang diboncengkan bagaimana, apa tidak terbanting? Hiii... semoga jangan deh!
Sering kali muncul pertanyaan dari beberapa orang teman, berat tidak sih menarik becak itu? Jawabannya tidak sama sekali. Justru lebih ringan dibandingkan dengan memboncengkan seorang anak di bocengan sepeda. Ringan karena kelembamannya tinggi, setelah kayuhan pertama hampir tidak terasa kalau sebenarnya sedang 'narik becak'. Pada umumnya rangka terbuat dari aluminium yang ringan dan tutup dari bahan nylon yang kuat dan kedap.
Penumpang utama becakku adalah Faza. Tugas hariannya adalah untuk antar jemput ke Kindergarten. Istimewa, karena penumpang yang satu ini punya kekuasaan penuh untuk menentukan siapa yang akan menarik becak yang akan dinaikinya. Masalah kadang timbul pada saat menjemput. Teman sekelasnya kadang berebutan ingin ikut naik becak sampai ke tempat parkir mobil mereka. Karena becak ini hanya bisa menambah muatan satu orang saja, siapa cepat dialah yang dapat. Tapi karena teman dekat Faza adalah Vincent, maka Vincent-lah yang lebih sering memenangkan perebutan itu. Curang ya?

Faza dan Vincent di becak
Fungsi kedua dari becak ini adalah untuk belanja. Pergi belanja sendiri pun bisa membeli dan membawa banyak barang, di bagian depan juga di bagian belakang (ada semacam bagasi kecil di belakang tempat duduk). Milsalnya belanja susu, Saft (juice), minyak goreng, beras dan yang berat-berat lainnya. Belanja satu kali untuk satu minggu tentu lebih irit jika dibandingkan belanja setiap dua atau tiga hari sekali bukan?

Becaknya penuh barang belanjaan

Acara belanja mingguan ini biasanya dilakukan pada hari Jumat, setelah mengantar Faza ke Kindergarten. Pertama tidak mengurangi jatah muatan belanjaan, kedua tidak menambah anggaran jajan (tidak ada yang ini-itu) dan ketiga akhir minggu bisa dipakai untuk santai di rumah.