di Vechta: Ibas

Dienstag, Mai 31, 2005

Ibas

Ini adalah foto Ibas dan Faza saat Faza ulang tahun yang pertama. Sudah lama sekali, lebih dari 4 tahun yang lalu...
Dulu... umur 8 hingga 16 bulan, Faza menjadi 'anaknya' Bu Uti. Ada kejadian yang membuat anak-anak terpaksa dititipkan di Jogja. Keluarga kecil saya terpecah menjadi tiga. SuBapak di Bremen, saya di Semarang, dan FaFa di Jogja (waktu itu saya belum diijinkan meninggalkan pekerjaan saya). Sungguh masa-masa yang berat untuk kita.
Dulu... betapa tidak berdayanya saya sehingga Ibas pun menjadi Ibu untuk anak-anak saya, meski untuk sementara. Selalu ada Ibas yang siap membantu saya, kapan saja...
Sekarang... setelah empat tahun tidak bertemu, begitu saya kangen pada beliau. Hanya suara yang kadang mempertemukan kita lewat telepon. Atau kering tempe buatan Ibas yang dibawa suBapak sebagai oleh-oleh untuk saya ketika survey di Indonesia.
Sekarang... saya suka geli juga kasihan pada Ibas. Beliau tidak bisa lagi berkomunikasi dengan FaFa karena kendala bahasa. Kalaupun dipaksa, anak-anak hanya mau bercerita menggunakan bahasanya dan saya harus menjadi penterjemah bagi keduanya... Ibas tidak tahu bahasa Jerman dan anak-anak sudah lupa bahasa Indonesia.
Hari ini... 1 Juni 2005, Ibas menapaki usianya yang ke 66.
Selamat Ulang Tahun Bas, semoga selalu sehat dan bersemangat. Dan juga selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT. Amien.