di Vechta: Schulferien

Montag, März 14, 2005

Schulferien

Secara umum Schulferien (liburan sekolah yang cukup panjang) di wilayah Niedersachsen ada 4 macam. Osterferien (libur Paskah, 2 minggu) sekitar awal Frühling (musim semi). Sommerferien (liburan musim panas, 6 minggu) adalah liburan paling panjang, juga merupakan liburan akhir tahun pelajaran. Herbsferien adalah libur musim gugur yang lamanya 2 minggu, serta Weihnachtferien atau libur Natal dan tahun baru yang juga sekitar 2 minggu. Masih ditambah Winterferien (libur musim dingin) sekitar akhir januari dan 'hanya' 2 hari. Banyak sekali ya liburan sekolahnya? Ini belum termasuk libur-libur tanggal merah lho...

Kok khusus Niedersachsen? Ya, karena masing-masing Bundesland (negara bagian, yang berjumlah 16 itu) bisa mempunyai jadwal dan jenis liburan yang berbeda-beda. Di beberapa Bundesland, sekitar bulan Mei, masih ada Pfingstferien selama 1 atau 2 minggu. Biasanya di Bundesland yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Bahkan ada kalanya suatu hari di satu Bundesland libur, tapi di Bundesland lain tidak.

Beberapa liburan di Bundesland bagian utara dimulai lebih awal dibanding bagian Selatan. Jadi kalau kita berniat berlibur di wilayah selatan sebaiknya di awal-awal liburan. Dengan pertimbangan daerah Selatan belum libur, jadi tempat rekreasi yang akan kita kunjungi tidak/belum penuh sesak. Juga sebaliknya, jika akan berlibur di wilayah Utara sebaiknya di akhir-akhir liburan karena pada saat itu sekolah-sekolah di sana sudah masuk kembali.

Osterferien di Niedersachsen tahun ini berlangsung tanggal 21 Maret - 2 April. Sama seperti libur-libur sebelumnya, Fariz di sekolahnya mendapat selebaran yang berisi program mengisi liburan dari Gulfhaus. Bagi anak-anak yang berusia 6-12 tahun dan tidak punya rencana berlibur bersama orang tuanya, pilihan ini sangatlah menarik. Coba kita lihat apa saja program yang ditawarkan.
  1. Osternester aus Hefeteig (membuat roti Paskah), untuk usia 6-10 tahun, biaya 1,00 €.
  2. Stadtrally (rally untuk lebih mengenal kota Vechta), untuk usia 8-12 tahun, tanpa biaya.
  3. Kerzen giessen (membuat lilin warna-warni dengan tema Frühling), untuk usia 8-12 tahun, biaya 1,50 €.
  4. Ostereierwerkstatt (membuat telur Paskah), untuk usia 6-12 tahun, biaya 1,00 €.
  5. Hampelhasen basteln (membuat boneka kelinci dari kayu yang bisa digerak-gerakkan, sendinya disambung dengan tali), untuk umur 6-10 tahun, biaya 2,00 €.
  6. Spielenacht (menginap untuk bermain bersama dengan menggunakan papan permainan seperti catur, monopoli dsb, besok paginya disediakan sarapan), untuk usia 8-12 tahun, biaya 3,00 €. Membawa Luftmatratze (tilam angin) dan Schlafsack (kantung tidur) sendiri.
  7. Serviettentechnik (membuat berbagai dekorasi dengan tissue roti), untuk usia 8-12 tahun, biaya 2,50 €.
  8. Playstation (bermain playstation), mulai usia 6 tahun, tanpa biaya.
  9. Spiegel mit Fimo-Rahmen (membuat bingkai cermin dari Fimo, semacam tanah liat dari bahan polymer), untuk usia 6-10 tahun, biaya 2,00 €.
  10. Pizza backen (membuat pizza), untuk usia 8-12 tahun, biaya 1,00 €.
  11. Knette selbsgemacht (membuat lilin mainan/playdough sendiri), untuk usia 6-10 tahun, biaya 1,50 €.
  12. Filmnacht (menonton beberapa film hingga malam hari), untuk usia 8-12 tahun, biaya 3,00 €. Disediakan sarapan untuk keesokan harinya. Juga disarankan untuk membawa Luftmatratze dan Schlafsack sendiri.
  13. Frühlingblumentöpfe (menanam bunga dalam pot), untuk usia 6-10 tahun, biaya 3,00 €.
  14. Actionspiele (bermain di sekitar Gulfhaus), mulai usia 6 tahun, tanpa biaya.
  15. T-Shirt bemalen (memberi tulisan atau gambar di T-Shirt), untuk usia 8-12 tahun, biaya 1,00 €, T-Shirt bawa sendiri.
  16. Muffins backen (membuat kue muffin), untuk usia 6-10 tahun, biaya 1,00 €.

Beberapa kegiatan pernah kita praktekan di rumah. Dalam rangka mengisi liburan sekolah atau untuk kesibukan FaFa di akhir minggu. Tapi mungkin akan berbeda rasanya jika dilakukan bersama teman-teman lainnya. Mana murah lagi...

Selain program yang diselenggarakan di Gulfhaus, ada pula kegiatan yang dilakukan di tempat lain. Kita sebagai orang tua hanya tinggal mengantar dan menjemput kembali di Gulfhaus.

  1. Berkunjung ke Dankern Schloss, sebuah tempat seluas 200 hektar yang bernuansa alam untuk berlibur dan berpetualang di daerah Haren, Ems. Di sana selain tempat bermain juga kolam renang dengan berbagai macam bentuk luncuran. Untuk usia 8-12 tahun, biaya 10,00 €.
  2. Seharian penuh berkunjung ke sebuah daerah pertanian. Untuk mengenal lebih dekat kehidupan di sana. Untuk usia 8-12 tahun, biaya 7,00 €.

Karena tempat terbatas, juga demi keamanan (baca: pengawasan) dan kenyamanan bersama, peserta dibatasi. Jika anak-anak kita berminat terhadap satu, dua, tiga atau semuanya harus segera mendaftar sebelum liburan tiba.

Seandainya saya masih dalam rentang usia itu, mungkin akan bersemangat mengikuti program-program liburan tersebut. Membayangkan dapat bertemu dan berkenalan dengan banyak teman, menambah pengetahuan, juga petualangan yang mengasikkan. Mmm... seandainya saja...