di Vechta: :-)

Montag, September 12, 2005

:-)

Gambar disamping adalah sesaat setelah Bapak dinyatakan lulus setelah sekitar 1,5 jam mempertahankan disertasinya. Hanya empat orang penguji yang sempat diabadikan, yaitu (dari kiri ke kanan) Prof. M. Ehlers (Uni Osnabruek), PD Dr. J. Schiewe (Uni Bonn), Prof. O. Peithmann (Uni Vechta), Prof. G Turowski (ehem. Uni Dortmund) sedangkan penguji yang satu lagi Prof. W. Schroeder (Uni Vechta) sudah meninggalkan tempat karena ada urusan lain.

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga kita pada hari ini. Setelah semuanya selesai, baru terasa bahwa empat tahun telah begitu cepat berlalu. Empat tahun yang luar biasa. Suka, duka, sedih, gembira... di tempat asing yang betul-betul jauh dari rumah dan sanak keluarga.

Ada satu hal yang berkesan pada saya, yaitu tentang nilai. Di sini berbeda/terbalik dengan di Indonesia. Nilai A di Indonesia adalah nilai tertinggi dengan bobot 4. Sedangkan nilai tertinggi di sini adalah 1. Jadi inget, dulu kalau ada temen dapet IP satu koma suka diledekin punya IP rapido... hehe....

Sedangkan seseorang dinyatakan lulus dengan yudisium

  • Summa Cum Laude (ausgezeichnet) jika nilai komulatifnya 0 sampai 0,50
  • Magna Cum Laude (sehr gut) jika nilai komulatifnya 0,51 sampai 1,50
  • Cum Laude (gut) jika nilai komulatifnya 1,51 sampai 2,50
  • Rite (genügend) jika nilai komulatifnya 2,51 sampai 3,0

Dengan catatan, nilai dibawah 1 hanya untuk prestasi yang sangat luar biasa dan sangat jarang sekali terjadi. Mungkin diperlukan prestasi yang luar biasa ya?

-----

Untuk teman-teman semua, mohon maaf jika akhir-akhir ini saya jarang sekali blogwalking. Ternyata banyak sekali yang harus kita selesaikan, sedangkan waktunya demikian mepet antara ujiannya suBapak dengan waktu pulang.

Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas doa dan dukungan teman-teman semua (tercermin dari komentar di dua postingan terakhir) juga dari email dan telepon yang masuk pada saya. Semoga segala kebaikan teman-teman semua mendapat balasan berlipat ganda dari Allah SWT. Amien.